Home / Inspiratif / Media Pembelajaran “AJAIB”

Media Pembelajaran “AJAIB”

Bukan trainer Himmatu kalau tidak kreatif. Salah seorang trainer Himmatu dari Himmatu Pusat belum lama ini membuat media pembelajaran. Media ini digunakan untuk mengajar dalam pelajaran bahasa Jawa, Media yang dibuat oleh Mbak Lia dan teman-temannya ini dinamakan “Ajaib”, wow seperti apa ya?

Memperkenalkan Media Pembelajaran Baru untuk Pembelajaran Bahasa Jawa

“AJAIB”
Aksara Jawa Imut Banget

Media AJAIB ini merupakan media pembelajaran bahasa Jawa yang terbuat kain flanel berwarna-warni yang dijahit sedemikian rupa hingga membentuk 20 aksara Jawa yang imut-imut. Aksara Jawa tersebut dipasangkan pada papan yang terbuat dari styrofoam yang berbentuk segi empat. Satu papan memuat 10 aksara Jawa. Jadi ada dua buah papan berukuran sama. Untuk kepraktisan dalam mengemasnya, kedua papan ini bisa dilipat dan ditangkupkan hingga membentuk seperti tas (bisa dijinjing dan lebih ringkas).

media pembelajaran

Ada banyak kelebihan yang dimiliki media AJAIB. Pertama, bentuknya yang imut dan lucu tentu akan menarik perhatian siswa, terlebih siswa Sekolah Dasar. Kedua, warnanya yang cerah dan memiliki pola juga akan membantu siswa dalam mengingat aksara tersebut. Ketiga, penggunaanya sangat mudah. Aksara Jawa tersebut bisa dilepas dan dipasang pada papan yang terbuat dari gabus/styrofoam, selain itu bentuk lubang yang sesuai dengan bentuk huruf juga akan memudahkan siswa dalam menghafal. Apabila aksara dipasang tidak pada tempatnya maka tidak akan cocok. Kelima, selain mudah penggunaanya, pembuatannya pun sangat simpel. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah diperoleh, dan yang jelas aman digunakan untuk anak-anak. Keenam, di bawah masing-masing aksara Jawa tersebut ada latinnya sehingga bila siswa lupa nama aksaranya bisa dibuka latin di bawahnya. Ketujuh, media ini sangat cocok digunakan di sekolah dasar karena merupakan media konkret yang bisa lansung digunakan siswa. Menurut Piaget (dalam Rita Eka, dkk., 2008: 35), anak usia SD berada pada tahap operasional konkret, di mana pembelajaran akan lebih bermakna apabila menggunakan benda-benda atau media yang konkrit/nyata. Media AJAIB ini adalah jawabannya. Selama ini media yang digunakan di SD kurang bisa menarik minat siswa untuk belajar. Kebanyakan media yang ada di SD selama ini hanya berupa gambar dan buku teks yang bentuknya hanya itu-itu saja.

Dari kelebihan-kelebihan di atas, para pembuat media ini yakin bahwa bila media ini digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa di SD akan dapat meningkatkan minat dan keterampilan membaca aksara Jawa.
Akan tetapi pembuat media juga menyadari bahwa media ini juga memiliki kekurangan dan masih membutuhkan penyempurnaan lagi dan lagi hingga benar-benar tercipta suatu media yang lebih inovatif. Untuk itu kritik dan saran dari teman-teman, bapak-ibu guru dan juga pembaca semua sangat kami nantikan. SALAM INOVATIF!!! đŸ˜€

Inovator:

1. Dheni Purwanti
2. Hidayatu Romlah
3. Putri Tanjungsari
4. Fadilla Putri K
5. Fajrin Setyorini
6. Yusron Affandi
7. Lia Nurmawati

Kampus 2 UNY, UPP 1 Mandala
PGSD UNY Angkatan 2010 (Kelompok KKN-PPL SD N Tegal Panggung Yk)

MOHON KRITIK DAN SARAN YA TEMAN-TEMAN.. đŸ™‚

About adminhimmatu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


eight − 6 =

Scroll To Top